Tips Hemat BBM

2014/06/04 |
Penulis : Anton

hemat-bbm

mobilmotor.net – Saat ini ternyata masih banyak pemilik kendaraan bermotor khususnya roda empat memikirkan cara bagaimana agar mobil bisa irit bahan bakar minyak (BBM). Tapi mereka cukup kelimpungan karena tidak tahu caranya supaya mobil hemat BBM. Nah, pabrikan mobil asal Jepang punya cara singkat bagaimana agar mobil bisa hemat BBM. Setidaknya cara itu sangat mendasar dan bisa dilakukan tanpa banyak teori. Berikut caranya.

1. Periksa kendaraan Anda dengan teliti sebelum pengoperasian (digunakan).

2. Panaskan mesin sampai jarum petunjuk temperatur air mulai bergerak.

3. Injak pedal gas secara perlahan-lahan.

4. Usahakan kecepatan merata. Jangan naik turun secara berlebihan.

5. Biasakanlah berjalan dengan kecepatan konstan (60 km/jam).

6. Hindari pengeraman mendadak.

7. Usahakan sedapat mungkin menggunakan gigi tinggi ketika berjalan.

8. Tekanan angin ban harus standar bawaan pabrik. Tekanan rendah (tidak standar) akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar.

9. Posisi muatan dalam perjalanan diusahakan tidak menghalangi atau melawan hembusan angin.

10. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin dan hindari jalan macet.

Menghemat bahan bakar dan meminimalisir dampak pencemaran lingkungan ternyata bisa dilakukan dengan cara mengendarai mobil yang baik. Bahkan, dengan cara ini konsumsi BBM bisa dihemat sampai 15 persen!

Meunurut sebagian orang ada beberapa faktor dan hal-hal kecil seperti menekan pedal gas saat pertama kali mobil berjalan bisa hemat BBM 11 persen. Caranya tidak dengan menekan gas secara mendadak.¬† “Akselerasi perlahan dengan akurasi 20 km/jam saat memulai, bisa mengurangi konsumsi bahan bakar 11 persen,” .

Selain itu pengendara mobil terkadang lupa menyetel pendingin mobil dengan suhu terdingin terlalu lama padahal suhu di dalam mobil sudah dingin. Candra menjelaskan, dengan menjaga temperatur sekitar 25 derajat celcius maka bisa menghemat bahan bakar sekitar 12 persen.

Selain itu dengan pengereman melalui engine brake juga bisa menghemat bahan bakar, yaitu dengan memindahkan persneling perlahan untuk mengerem. Candra juga menjelaskan, ketika memanaskan mobil juga tidak perlu lama-lama.

“Kadang ada yang manasin mobil terus ditinggal mandi. Sebenarnya cukup 3 menit. Mobil menggunakan 130 cc bahan bakar saat mesin idling selama 10 menit. Apalagi sekarang injeksi. Kalau berhenti di mini market atau apapun sebisa mungkin matikan mesin,”

“Ngegas saat awal biasanya saya langsung kencang, soalnya terbiasa kalau naik motor gitu juga,” katanya. ada juga yang¬† lupa matiin mesin kalau mampir di mini market.

Dengan penghematan bahan bakar, otomatis gas buang yang dikeluarkan mobil bisa berkurang sehingga meminimalisir pencemaran lingkungan…

 

 


 

Loading...